FANDOM

Avatar The Last Airbender: The Legend of Aang adalah sebuah seri animasi Avatar yang dibuat oleh Michael Dante DiMartino dan Bryan Konietzko, pada tahun 2005 - 2008. A:TLA disiarkan di channel Nickelodeon, dan di Nictoons Network. Setting tempat dan tema animasi Avatar ini adalah Asia, dengan persamaan kebudayaan dan nama-nama. Tontonan ini menggambarkan elemen dari Asia Timur, Asia Selatan, dan kebudayaan Barat, membuat itu tergabung dengan budaya Jepang.

Seri ini memiliki tokoh protagonis Aang dan teman-temannya, yang diharuskan melawan Raja Api yang seharusnya diselesaikan oleh Avatar sebelumnya, Roku. Animasi ini diluncurkan pada tanggal 21 Februari tahun 2005, dengan ditambah seri tambahan 2 jam, yaitu Sozin's Comet. Film ini tersedia di DVD, iTunes Store, Xbox Live Marketplace, PlayStation Network, dan Zune Marketplace, dan juga di Nickelodeon. Namun, untuk di Indonesia, film ini sudah beredar di Global TV dan dalam bentuk DVD.

Seri ini sudah memiliki sekuel, yakni Avatar The Last Airbender: The Legend of Korra.